Cara Mengatasi Nyeri Pada Sendi Lutut

Nyeri Pada Sendi Lutut

Nyeri pada sendi lutut ini dapat dialami oleh semua orang dari segala usia. Nyeri pada lutut bisa diakibatkan oleh berbagai hal mulai dari cedera akut hingga kondisi medis atau penyakit. Cedera akut dapat terjadi ketika jatuh saat berolahraga atau berlari, lutut terbentur, terlalu lama berlarian, atau karena melakukan gerakan lutut yang tak lazim. Hal ini sangat mudah kita ketahui karena kita langsung merasakan sakit pada lutut setelah terjadi hal-hal tersebut. Gaya hidup juga diketahui berperan terhadap terjadinya nyeri pada lutut. Berat badan berlebih atau obesitas juga mengakibatkan tekanan pada lutut besar, dan mengakibatkan kerusakan rawan sendi lutut. Menurunkan berat badan merupakan anjuran yang perlu diperhatikan bagi penderita nyeri lutut.

Penting sekali mengetahui penyebab sakit lutut dengan memperlihatkan gejalanya seperti lokasi sakitnya pada lutut, misalnya jika disebabkan oleh infeksi, maka seluruh lutut mungkin bengkak dan sakit, sedangkan robek meniskus atau patah tulang memberikan gejala hanya di satu lokasi tertentu. Sebagian besar nyeri lutut yang kita alami dapat ditangani sendiri di rumah, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis, seperti operasi atau yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi, dan bahkan cacat jika tidak ditangani secara khusus. Pada saat lutut mengalami cedera, bisa menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut bisa diderita selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut.

Nyeri pada lutut ini terjadi akibat terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah, dan bisa membuat lutut mati rasa. Selain itu, kaki bagian bawah bisa jadi merasakan lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, atau pucat. Kondisi seperti ini harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan aman agar tidak menimbulkan suatu gangguan penyakit lutut yang lebih serius. Bahkan kondisi ini jika dibiarkan saja akan menyebabkan terjadinya cacat permanen yang akan menjadi lebih sulit lagi untuk dikoreksi dengan suatu tindakan pembedahan yang canggih sekalipun. Oleh karena itulah, penanganan cara mengatasi nyeri sendi pada lutut harus dilakuakn dengan baik.

Cara mengatasi nyeri pada sendi lutut bisa anda lakukan dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur untuk memperkuat otot disekitar lutut, olahraga yang bisa anda lakukan salah satunya latihan otot quardriceps. Latihan otot ini tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh, melainkan juga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi lutut. Setidaknya satu minggu sekali, saat berbaring anda dapat melakukan latihan otot. Pertama letakkan handuk digulung dibawah tumit kaki yang tidak dilatih. Pada kaki yang diluruskan, gunakan otot kaki untuk menekan lutu ke bawah, ke arah lantai. Tahan dalam 5 hitungan, selanjutnya lemaskan kembali, terus ulangi latihan tersebut. Dan ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan dirumah untuk mengatasi nyeri pada sendi lutut, diantaranya :

– Jangan menekuk lutut dalam waktu yang lama, misalnya tidak meletakkan bantal dibawah lutut saat tidur di malam hari. Cobalah untuk meluruskan lutut meskipun terasa agak nyeri.

– Aktiflah menggerakan lutut, jangan diam terlalu lama, karena jika kita tidak menggerakkan lutut maka otot dan sendi lutut menjadi tegang dan kram saat digerakkan. Maka ada baiknya menggerakkan lutut walau hanya perlahan.

– Jika nyeri pada lutut membuat anda susah untuk berjalan, setidaknya anda masih bisa menggunakan tongkat untuk menopang berat badan anda. Dan jika anda ingin menaiki tangga, gunakan pegangan tangan saat naik tangga. Naik tangga satu persatu, kaki sehat terlebih dahulu. Saat turun, dahulukan kaki yang nyeri, dan diikuti oleh kaki sehat. Tetap berpegangan pada penopang. Hal ini untuk membantu jika sewaktu-waktu kaki tiba-tiba sulit untuk digerakkan karena kaki merasakan kram atau sakit yang berlebih.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi masalah nyeri pada lutut. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk mengatasi nyeri lutut ini, namun, jika nyeri lutut terjadi dalam jangka waktu yang lama, mungkin ada sesuatu yang terjadi pada tubuh anda dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sendi pada lutut memang sangat rentan mengalami nyeri dan pegal, maka untuk itu jangan terlalu membebani sendi lutut kaki anda terlalu keras, karena setiap anggota tubuh manusia juga harus mendapatkan jeda atau istirahat agar terhindar dari masalah-masalah yang bisa menganggu fungsi anggota tubuh tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *