Cara menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat

Jerawat adalah salah satu kondisi atau masalah kulit yang sering kita alami dan jerawat ini sering terjadi pada semua orang terutama ketika usia kita yang memasuki masa remaja. Jerawat muncul karena produksi minyak yang berlebih diwajah ditambah dengan adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Jerawat ini bisa hinggap dikulit wajah karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti penyumbatan kotoran wajah pada pori-pori wajah karena make up terlalu tebal dan tidak segera dibersihkan hingga tertidur, jenis make up yang tidak cocok dan masih banyak lagi faktor lainnya. Jerawat ini bisa kita lihat dengan tanda munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo, hingga parah yang berisi nanah dan kista.

Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, jerawat juga menyebabkan kulit terasa panasa dan sakit saat disentuh. Jerawat sendiri merupakan kondisi yang sudah biasa, artinya sebagian besar orang pernah mengalaminya. Jerawat ini biasa muncul pada seseorang yang sedang dalam masa puber karena perubahan kadar hormon selama masa puber kerap dikaitkan dengan penyebab-penyebab munculnya jerawat. Perubahan hormon saat masa puber tersebut berdampak pada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut kulit. Peningkatan aktivitas kelenjar ini dapat menyebabkan produksi sebum pada wajah juga bertambah, jadi tumpukan sebum ini nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit yang mati, kemudia menyumbat pori-pori.

Sebum adalah zat berminyak yang terutama terdiri dari lemak, keratin, dan bahan selular yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit. Selain pada masa puber, jerawat juga bisa dialami para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi selama silus menstruasi dan masa kehamilan. Jerawat juga diketahui sebagai faktor keturunan. Kemungkinan besar seseorang yang memiliki jerawat jika kedua orang tua berjerawat juga. Cara mencegah jerawat sangat penting, seperti penyakit lainnya, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jerawat ini adalah musuh serius bagi kulit jika kita tidak melakukan penanganan, walau memang jerawat akan hilang dengan sendirinya. Namun, jerawat ini bisa muncul kembali kapan saja, maka penting untuk melakukan pencegahan jerawat.

Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk menghilangkan, mulai dari perawata khusus untuk kulit wajah, atau dengan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Cara yang sederhana adalah menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat, walaupun efeknya tidak secepat produk anti jerawat yang dijual dipasaran, tapi, menggunakan cara alami minim akan efek samping yang dapat merusak kulit anda. Berikut cara untuk menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

– Masker wajah dengan Aplukat dan Madu

Alpukat dan madu adalah salah satu bahan alami yang baik untuk kesehatan dan juga bisa membantu anda mengatasi jerawat. Madu, bahan alami ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengadnung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Dan untuk alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit serta mengurangi peradangan pada kulit. Cara membuat masker wajah dari bahan alami ini, yaitu :

– Ambil daging buah alpukat dan masukan ke dalam wadah.
– Haluskan daging buah alpukat tersebut.
– Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata.
– Tambahkan juga perasan lemon (opsional).
– Aplikasikan masker pada wajah yang berjerawat selama 15-20 menit.
– Bilas dengan air hangat.

– Menggunakan Lemon

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah. Cara membuat masker menggunakan lemon, yaitu :

– Siapkan satu buah lemon.
– Tekan sedikit lemon, potong menjadi dua bagian, lalu peras.
– Oleskan pada wajah anda.
– Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
– Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat.

Cara ini bisa anda lakukan secara rutin dan teratur untuk menghilangkan jerawat. Masih banyak cara alami lainnya yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, untuk itu bahan-bahan alami sangat cocok untuk mengatasi jerawat, karena bahan-bahan ini mudah di dapatkan dan tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal seperti melakukan perawatan kulit khusus. Rawatlah kesehatan wajah dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan pembersih wajah. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan aman untuk kulit wajah. Saat ini sudah banyak pembersih yang mengandung bahan alami di pasaran. Rajin membersihkan wajah adalah kunci dalam menjaga kulit dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *