Ciri-Ciri Lemah Jantung Serta Cara Mengatasinya

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, jantung berfungsi sebagai pemompa darah yang mengandung nutirsi dan oksigen keseluruh tubuh. Ketika fungsi jantung mulai melemah atau biasa dikenal dengan lemah jantung, maka pasokan oksigen dan nutiris ke seluruh tubuh akan berkurang. Jantung juga berfungsi untuk mengangkut limbah yang ada pada sel-sel tubuh.

Lemah jantung adalah menurunnya kemampuan jantung dalam memompa darah. Ketika kerja jantung melemah maka tubuh akan mengalami beberapa ciri-ciri yang bisa diamati sebagai gejala atau tanda penyakit lemah jantung. Tekanan darah yang tinggi dapat memicu jantung untuk bekerja lebih keras, sehingga ukuran jantung akan melebar. Kondis tersebut tidak baik untuk jantung, bebab pembesaran jantung atau otot jantung akan membuat fungsi jantung menurun.

Ciri-Ciri Lemah Jantung

Ciri-Ciri Lemah Jantung Serta Cara Mengatasinya

Rusaknya beberapa atau sebagian dari pada jantung akan melemahkan fungsi jantung yang dapat berakibat pada aliran darah keseluruh tubuh dapat terganggu. Berikut merupakan ciri-ciri dari lemah jantung:

  • Cepat Lelah
    Jika Anda merasa cepat lelah atau mudah lelah meski hanya melakukan aktivitas yang ringan, mungkin itu merupakan ciri-ciri lemah jantung. Melemahnya fungsi jangtung dapat menyebabkan pasokan darah ke organ-organ tubuh lainnya akan berkurang, Kondisi ini menyebabkan cepat lelah dan lemas.
  • Sesak Napas
    Jantung yang lemah juga dapat menyebabkan sesak napas atau sulit bernapas. Kondisi ini disebabkan karena pasokan darah dari jantung ke paru-paru berkurang. Sesak napas dapat dialami ketika melakukan aktivitas atau kegiantan meski tidak terlalu berat.
  • Detak Jantung Tidak Beraturan
    Penderita lemah jantung juga akan mengalami ciri yaitu detak jantung yang tidak beraturan. Detak jantung akan terasa cepat dan tidak beraturan yang disebabkan meningkatnya kecepatan detak jantung karena mengimbangi fungsi jantung dalam memompa darah dan mengalirkannya keseluruh tubuh. Kondisi detak jantung yang cepat juga dapat memicu rasa cemas pada penderitanya.
  • Nafsu Makan Berkurang
    Berkurangnya pasokan darah bersih ke hati dan sistem pencernaan dapat memicu rasa mual yang berlebih. Dan juga penderita akan merasa kenyang bahkan sebelum mengkonsumsi makanan. Berkurangnya nafsu makan juga dapat berdampak pada menurunnya berat badan.
  • Berat Badan Menurun Drastis
    Berat badan penderita lemah jantung juga akan semakin menurun. Kondisi ini disebabkan karena nutrisi gagal diserat oleh tubuh atau pencernaan yang diakibatkan oleh berkurangnya pasokan oksigen ke organ pencernaan karena jantung yang lemah. Serta karena berkurangnya nafsu makan.
  • Batuk Yang Tidak Kunjung Sembuh
    Batuk parah atau kronis dapat terjadi karena berkurangnya pasokan darah ke paru-paru yang menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru yang berpotensi menimbulkan batuk kronis yang sulit untuk disembuhkan.
  • Menurunnya Daya Ingat
    Pasokan darah yang menuju ke otak berkurang atau terganggu dapat juga melemahkan penderita lemah jantung dalam hal daya ingatnya atau disorientasi.
  • Tubuh Mengalami Pembengkakan
    Terganggunya fungsi ginjal akibat berkurangnya pasokan darah ke ginjal berakibat pada fungsi ginjal yang tidak normal. Kondisi ini meningkatkan produksi hormon yang mengakibatkan adanya zat garam dan air secara belebih, yang kemudian mengakibatkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Biasanya terjadi pembangkakan di pergelangan tangan dan kaki.

Baca Juga : Obat Lemah Jantung

Faktor Penyabab Lemah Jantung

Ada beberapa faktor yang dapat menyababkan melemahnya fungsi jantung. Berikut ini faktor yang dapat melemahkan fungsi jantung, diantaranya:

  1. Mempunyai riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  2. Kerusakan pada fungsi jantung.
  3. Pemyemitan aliran darah dari jantung (aortic stenosis).
  4. Detak Jantung Terganggu.
  5. Anemia dan tekanan darah rendah.

Cara Mengatasi Lemah jantung

Penderita lemah jantung tentu akan merasa cepat lelah dan lemas. Ada beberapa cara yang dapat dilakuak untuk mengatasi lemah jantung tersebut, diantaranya:

  1. Hindari makanan cepat saji atau makanan yang diawetkan, pilihlah makanan segar dan sehat.
  2. Olahraga ringan kurang lebih 30 menit, seperti jalan kaki, senam, bersepeda, dll.
  3. Cegah penyakit yang dapat melemahkan jantung, diantaranya darah tinggi, diabetas dan kolesterol.
  4. Jaga berat badan jangan sampai terlalu berlebih.

Itulah penjelasan menganai ciri-ciri lemah jantung dan cara mengatasinya. Jagalah selalu kesehatan dan kebugaran supaya jantung tetap sehat dan tidak menyebabkan melemahnya fungsi jantung. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Aryanto.co.id: Informasi Kesehatan, Penyakit dan Obatnya