Cara Simpel Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Beberapa orang mengalami masalah dengan kakinya. Salah satunya adalah bagian tumit yang pecah-pecah. Hal tersebut membuat mereka kurang pecaya diri saat mengenakan alas kaki yang bagian tumitnya terbuka. Lalu apa penyebab kaki pecah-pecah dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut akan kami bahas cara sederhana mengatasi kaki pecah-pecah.

Secara umum, kaki pecah-pecah diakibatkan karena daerah pada kaki sangat kering dan tidak bisa menopang tekanan keras saat kaki ditapakkan. Akhirnya kulit kering tersebut retak dan sangat tidak indah dipandang. Selain menganggu keindahan kaki, biasanya kulit yang retak juga terasa perih. Kunci penting dalam mengatasi kaki pecah-pecah adalah dengan menjaga kelembabannya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembaban telapak kaki.

Pertama, rutin mengoleskan krim kaki. Anda bisa membeli krim khusus telapak kaki yang mengandung zat dimethicone atau krim yang kaya akan pelembab. Meski membuat kulit sedikit berminyak, namun krim tersebut mampu melembabkan kulit kering. Untuk hasil yang maksimal, pengaplikasian krim pada kulit telapak kaki sebaiknya dilakukan setelah mandi.

Selanjutnya, untuk mencegah kulit pecah-pecah semakin parah, jaga kebersihan kaki setiap saat. Kulit kaki yang pecah rentan terkena infeksi karena bakteri dan kuman lebih mudah masuk. Oleh karena itu, wajib memakai alas kaki jika berada di ruangan outdoor. Jika perlu, gunakan alas kaki pula saat sedang di rumah untuk menjaga debu masuk ke dalam kulit yang pecah. Hindarkan kaki dari bahan-bahan kimia dari sabun, cairan untuk mengepel lantai, maupun busa sabun cuci. Bahan-bahan kimia tersebut akan membuat kaki tambah kering. Sebaiknya jika ingin mencuci telapak kaki, gunakan sabun dengan kandungan bahan lembut.

Ada bahan lain yang mempercepat kaki menjadi lembab yakni petroleum jelly. Anda bisa mengoleskannya sebelum tidur malam hari, kemudian pakai kaos kaki yang bersih untuk didiamkan semalaman. Penggunaan petroleum jelly baik digunakan secara rutin untuk mempercepat proses kaki kembali normal.

Cara yang tidak kalah penting namun sering terlupakan adalah mengenai kebutuhan cairan pada tubuh. Kaki kering bisa jadi karena tubuh seringkali kekurangan cairan yang mengakibatkan kulit pun ikut dehidrasi. Oleh karena itu cara untuk mengantisipasinya adalah memastikan Anda minum air putih yang cukup yakni dengan meminum dua liter air perhari. Jika semua poin-poin diatas dilakukan dengan konsisten, maka bisa dijamin kaki pecah-pecah akan kembali normal kembali.

Aryanto.co.id: Informasi Kesehatan, Penyakit dan Obatnya