Macam-Macam Kanker Serviks

World Health Organization (WHO) menjelaskan penyakit kanker serviks menjadi peringkat pertama sebagai jenis kanker yang seringkali menjadi sebab kematian pada perempuan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya terdeteksi lebih dari 15.000 kasus mengenai kanker serviks.

Masih menurut WHO, Indonesia adalah negara dengan jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia. Memang sangat bahaya karena kanker serviks sulit sekali dideteksi sampai akhirnya penyakit ini telah mencapai stadium lanjut.

Macam-macam kanker serviks dikategorikan berdasarkan tipenya. Umumnya kanker serviks disebabkan oleh HPV atau human papilloma virus. Selain itu, ada juga tipe kanker serviks dengan nama adenosquamous, melanoma, adenocarcinoma, adenosarcoma, small cell carcinoma, serta lymphoma. Beberapa tipe kanker yang disebutkan tadi adalah tipe kanker serviks yang terbilang sulit ditangani.

Penularan HPV dapat terjadi lewat hubungan seksual, terutama bagi mereka yang melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan. Penularan HPV bisa terjadi baik dengan cara transmisi dari organ genital ke organ genital, bisa juga dari oral ke genital.

Oleh karena itu, penggunaan kondom saat Anda melakukan hubungan seksual sebenarnya tidak begitu berpengaruh mencegah penularan HPV. Karena virus ini tidak hanya menular lewat cairan, tetapi juga bisa berpindah lewat sentuhan kulit. Maka untuk mencegahnya lebih baik setia pada pasangan Anda dan hindari jajan di luar.

Mengenai pertumbuhan kanker serviks, ada yang disebut masa preinvasif  yakni masa pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi ganas. Pertumbuhan penyakit serviks bisa dibilang lama. Oleh karena itu, perempuan sebaiknya melakukan deteksi dini agar dapat melakukan berbagai cara dalam mengatasi penyakit ini.

Infeksi menetap bakal menyebabkan pertumbuhan sel abnormal hingga akhirnya bisa mengarah kepada perkembangan kanker. Perkembangan sel abnormal ini memakan waktu panjang yaitu antara 5 sampai dengan 20 tahun. Mulai tahap infeksi, lesi pra-kanker sampai dengan positif kanker serviks.