Makanan Pencegah Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Bila tidak dirawat, pertumbuhan sel ini bisa menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya. 

Sebagian besar kanker yang mulai di paru-paru, yang dikenal sebagai kanker paru primer, adalah karsinoma yang berasal dari sel epitelium. Jenis kanker paru yang utama adalah SCLC (kanker paru sel kecil), atau disebut juga kanker sel gandum, dan NSCLC (kanker paru non-sel-kecil). Gejala paling umum adalah batuk ( termasuk batuk darah), berat badan turun dan sesak napas.

Makanan Pencegah Kanker Paru-paru

Penyebab paling umum kanker paru yaitu paparan dalam jangka waktu yang lama terhadap asap tembakau, yang menyebabkan 80-90% kanker paru-paru. Bukan perokok mencapai angka 10-15% dari kasus kanker paru dan kasus ini disebabkan oleh kombinasi antara faktor genetik, gas radon, asbestos dan polusi udara termasuk asap rokok pasif. Kanker paru bisa dilihat dari photo rontgen dada dan tomografi komputer (CT scan).

Makanan Pencegah Kanker Paru-paru

Apabila anda bukan penderita kanker paru-paru dan ingin menurunkan resiko terserang penyakit tersebut. Makanan ini bisa menghindarkan anda dari kanker paru-paru.

1. Apel

Mengandung flavonoid yang tinggi. Semua zat yang berhubungan dengan flavonoid dianggap baik untuk mencegah kanker yang berkaitan dengan merokok. Kebanyakan dari zat tersebut terdapat di kulit. Bila ingin memakan apel jangan kupas kulitnya.

2. Bawang Putih

Sebuah penelitian di China baru-baru ini menyebutkan bahwa makan bawang putih mentah dua kali atau lebih dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena kanker sampai 44% berkat zat diallyl sulphide yang dikandungnya. Sebelumnya, bawang putih sudah dikenal manjur untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, bahkan mencegah flu.

3. Brokoli

Zat glukosinat yang ada dalam brokoli dapat menurunkan resiko terserang kanker antara 21 sampai 32%, terutama pada wanita.

4. Ikan

Rajin makan ikan dapat menjadi cara yang baik untuk mencegah kanker paru-paru. Mereka yang sering makan ikan, resiko terkena kanker berkurang 21%. Ikan juga baik untuyk mencegah penyakit jantung, terkena darah tinggi, dan stroke.

5. Paprika

Mengandung capsaicin, sejenis phytochemical (zat kimia dari tumbuhan). Capsaicin juga dapat untuk menurunkan trigliserida buat para penderita diabetes.

6. Teh Hijau

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat teh hijau. Selain baik untuk mencegah kanker paru-paru, terutama buat mantan perokok, hingga 40%. Bayam juga mengandung lutein, sejenis antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. 

8. Bawang bombay

mengandung quercetin yang juga baik untuk menurunkan resiko kanker paru-paru. 

Nah, itulah cara mencegah penyakit kanker paru-paru dengan makanan sehat antikanker. Semoga, ulasan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama yang berhubungan dengan pernapasan atau paru-paru. Makanan pencegah kanker tersebut diatas cukup efektif, namun jangan lupa untuk menjaga pola makan anda dan rutinlah berolahraga karena selain makanan-makanan di atas, aktifitas fisik juga akan berpengaruh pada kesehatan anda.

Aryanto.co.id: Informasi Kesehatan, Penyakit dan Obatnya