Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Selain menerapkan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung diperlukan juga gaya hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan rajin melakukan olahraga. Gaya hidup adalah salah satu dari 5 faktor risiko utama (selain tekanan darah tinggi, tingginya kadar lipid darah, merokok dan obesitas) penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung koroner.

Banyak studi ilmiah yang menunjukkan bahwa mengurangi resiko dengan merubah gaya hidup dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dan mengurangi kemungkinan prosedur revakularisasi (operasi bypass atau angioplasti koroner).

Olahraga teratur mempunyai efek yang menguntungkan pada banyak faktor risiko penyakit kardiovaskular. Seperti olahraga, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mengurangi tekanan darah. Olahraga dapat mengurangi kadar kolesterol “jahat” (LDL) dalam darah dan meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Pada pasien diabetes, rajin berolahraga dapat mempengaruhi kemmapuan tubuh menggunakan insulin untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Jantung

  • Menurunkan berat badan.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  • Meningkatkan sensitivitas insulin.

Olahraga yang teratur dikombinasikan dengan merubah gaya hidup lainnya (seperti memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat, berhenti merokok dan mengkonsumsi obat jantung koroner. Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan agar rutin melakukan olahraga minimal 75 sampai 150 menit per minggu untuk menjaga kesehatan jantung dan juga untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Dengan melakukan olahraga secara teratur dan disiplin, tubuh kita akan merasa semakin sehat dan bugar juga terhindar dari risiko penyakit jantung koroner dan penyakit kronis lainnya. Banyak jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan jantung anda.

Setiap individu memiliki tingkat kekuatan jantung yang berbeda-beda, jadi sebelum anda melakukan olahraga, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Jangan sampai anda salah memilih jenis olahraga yang justru dapat memperparah kondisi kesehatan jantung anda atau bahkan sampai mengancam nyawa anda.

Jenis Olahraga Ringan Untuk Kesehatan Jantung

Berikut ini adalah jenis olahraga ringan untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat anda lakukan bersama keluarga tercinta.

1. Jalan Santai
Anda dapat melakukan jalan santai yang baik di area terbuka ataupun di rumah dengan menggunakan treadmill. Olahraga ringan ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan sangat baik untuk pasien jantung. Anda bisa melakukan jalan santai di sekitar rumah anda pada waktu pagi atau sore hari.

2. Jogging
Lari santai atau jogging sama halnya dengan jalan santai dapat dilakukan setiap hari. Jogging merupakan olahraga ringan yang bisa membuat jantung tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh, menambah kebugaran tubuh serta meningkatakan kesehatan jantung.

3. Bersepeda
Bersepeda bersama keluarga pada pagi dan sore hari. Selain menyenangkan juga menyehatkan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular yang berfungsi untuk melatih ketahanan jantung, melatih persendian dan otot.

4. Berenang
Mangfaat renang selain untuk melatih paru-paru juga bermanfaat untuk melatih kesehatan jantung, dua setengah jam berenang per minggu akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung. Kelebihan lain dari olahraga ringan ini adalah berenang tidak memberikan tekanan yang lebih ada tulang dan persendian, hal ini bermanfaat bagi anda yang kelebian berat badan atau mempunyai masalah persendian seperti arthritis.

5. Berdansa atau Menari
Berdansa secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Anda hanya perlu sepatu yang baik, sebuah ruangan dan musik yang anda sukai. Lakukanlah aktifitas berdansa atau menari sesuai kemampuan anda dan yang terbaik adalah sampai denyut jantung anda antara 120-135 denyut per menit untuk melatih ketahanan jantung.

Itulah beberapa olahraga ringan yang baik untuk kesehatan jantung, dari beberapa penelitian, berennag adalah olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Tapi apabila anda tidak menyukainya atau tidak bisa berenang, jangan paksakan diri anda. Pilihlah salah satu olahraga yang menurut anda menyenangkan, sehingga and akan sering melakukannya.

Terima kasih semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *