Penyakit Asma Pada Anak

Penyakit Asma Pada Anak

Penyakit asma pada anak semakinbanyak dan meluas dalam satu dekade terakhir. Oleh karena itu, edukasi mengenaipenyakis asma harus diketahui terutama oleh orang tua agar pencegahan danpenanganan lebih efektif. Penyebabnya yakni karena terjadinya pembengkakan padasaluran pernafasan yang menyebabkan saluran pernapasan jadi sensitif dengangejala batuk ringan sampai susah nafas. Asma yang terjadi pada anak bisadiatasi meski seringkali penyakit ini sulit disembuhkan. Bisa dengan rutinmelakukan kunjungan ke dokter, bisa juga menggunakan pengobatan alternatifmaupun pengobatan tradisional.

Asma termasuk penyakit yangmengganggu dan membuat hari-hari menjadi menjemukan karena anak tidak bisabermain dan beraktifitas seperti anak-anak sehat pada umumnya. Pada beberapakasus, asma yang tidak tertangani bisa menyebabkan dampak serius bahkan bisamembuat anak kehilangan nyawa. Tanda ataupun gejala umum penyakit asma pada anak diantaranya suara sengauatau ada bunyi seperti siulan saat bernafas, nafasnya pun pendek, terkadangdisertai batuk, serta adanya pengetatan pada otot dada.Tanda lainnya mengenai penyakit asma ini adalah anak jadi sulit tidur karena napaspendek dan sulit bernafas. Batuk juga bisa jadi memburuk bahkan bisa terserangflu dan pilek. Selain itu, karena nafasnya yang pendek, anak juga bisamengalami kelelahan dan masalah pernafasan lain ketika sedang bermain atauberolahraga yang terlalu lincah. Yang paling dikhawatirkan, jika anak tidaksegera ditangani dalam menghadapi penyakit ini adalah anak akan mengalamibronkhitis.

Setiap anak memang mengalami gejala yang berbeda. Penyakit ini pun bisamembaik, bisa juga memburuk. Mengenai suara sengau, tidak semua anak yangmemiliki penyakit asma bersuara sengau. Namun dalam hal ini, anak hanya punyagejala khas yaitu batuk yang susah hilang dan penyumbatan dada yangmenyulitkannya bernafas.

Lalu bagaimana cara mencegah asma pada anak? Yang paling utama adalahmengajak anak untuk menjauhi asap rokok. Karena asap tembakau adalah pemicuumum serangan asma. Dorong juga anak untuk aktif beraktivitas yang membuatparu-parunya bekerja lebih efisien. Sekian penjelasan tentang asma pada anak.Mudah-mudahan bisa bermanfaat.