Penyebab Sakit Di Leher Yang Harus Diwaspadai

Sakit leher merupakan kondisi yang umum terjadi atau sering terjadi pada seseorang dan biasanya akan membaik dalam beberapa hari. Kondisi ini jarang menjadi gejala kondisi yang lebih serius dan biasanya bukan hal yang perlu di waspadai. Sakit leher dapat membuat seseorang yang mengalami merasa tidak nyaman dan tidak dapat melakukan aktivitas harian dengan baik, bahkan karena sakit leher ini seseorang kadang menjadi malas bekerja atau bolos bekerja. Kondisi sakit leher memang bukanlah kondisi yang serius, namun beberapa kasus sakit leher bisa disebabkan karena adanya masalah serius pada tubuh anda. Sakit leher juga sangat membutuhkan penanganan yang cepat agar sakitnya tidak berkepanjangan karena jika dibiarkan sakit pada leher akan menimbulkan masalah baru lagi pada kesehatan anda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit leher, seperti posisi tidur yang salah, bekerja dengan komputer atau laptop dalam waktu yang lam, otot yang terkilir, dan postur leher yang salah akibat sering menunduk atau menengadah. Hal tersebut membuat otot leher menjadi tegang, rasa cemas dan stress juga dapat memicu sakit leher. Penggunaan otot-otot leher secara berlebihan atau posisi leher yang salah memang menjadi penyebab utama terjadi sakit leher. Saat ini, penyebab sakit leher memang terjadi akibat aktivitas kita sehari-hari yang berlebihan dan memaksakan. Meski sakit leher dapat hilang dengan sendirinya, namun penanganan cepat sangat dibutuhkan agar tidak menganggu aktivitas atau pekerjaan yang sedang anda lakukan.

Sakit leher bisa muncul mulai dari sisi bawah kepala hingga sisi atas bahu Anda dan bisa menyebar hingga ke lengan serta punggung bagian atas. Akibat dari kondisi ini, gerakan leher dan kepala menjadi terbatas dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi sulit dilakukan. Sakit leher yang dirasakan setiap orang berbeda-beda tergantung penyebabnya. Namun, keluhan yang sering dirasakan seseorang adalah kebal atau baal pada bagian tangan, hal ini dirasakan bilamana terdapat penjepitan saraf saraf perifer yang mengenai level saraf dari bagian leher. Sebagian besar sakit leher bukan merupakan kondisi yang serius dan dapat sembuh dalam beberapa hari. Namun dalam beberapa kasus, leher sakit dapat disebabkan oleh kondisi medis yang serius dan memerlukan perawatan dokter. Secara lebih rinci, berikut berbagai penyebab sakit leher :

– Cedera leher

Leher sangat rentan terhadap cedera, bisa karena terjatuh, kecelakaan lalu lintas, dan olahraga, di mana otot-otot dan ligamen leher dipaksa untuk bergerak di luar jangkauan normalnya. Jika leher terkilir atau patah, sumsum tulang belakang juga dapat rusak. Cedera leher yang disebabkan oleh sentakan kepala yang tiba-tiba disebut “whiplash.” yang terasa sangat menyakitkan.

– Kerusakan Sendi

Sama seperti semua sendi lainnya, sendi-sendi leher juga dapat mengalami keausan dengan bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan osteoarthritis di leher. Tak jarang ini menjadi penyebab sakit leher.

– Meningitis (Radang Selaput Otak)

Meningitis adalah peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Gejala khas yaitu leher kaku dan terasa sakit biasanya disertai dengan demam dan sakit kepala parah. Meningitis dapat mematikan dan merupakan keadaan darurat medis. Oleh karena cermati gejala meningitis, jika dicurigai segeralah periksakan ke dokter.

Meskipun sakit leher belakang umumnya tidak perlu diwaspadai, namun jika penyebab sakit leher diakibat karena kondisi seperti diatas Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Dan jika rasa sakit pada leher berlanjut lebih dari seminggu, dirasakan sangat parah, atau dibarengi dengan gejala lain. Gejala lain yang dimaksud adalah lengan yang mati rasa atau rasa linu di bahu ada baiknya anda berhenti melakukan aktivitas dan berkonsultasi langsung dengan dokter, tujuannya agar jika ada penyakit yang ternyata serius, dapat lebih cepat ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *