Sayuran dan Buah-buahan Yang Baik Untuk Jantung

Tahukah anda bahwa orang yang memakan 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya mempunyai resiko 20% lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantung koroner daripada orang yang makan kurang dari 3 porsi buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi sangat baik dalam melawan radikal bebas.

Sayuran dan Buah Yang Baik Untuk Jantung


– Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau dan gelap yang meliputi salad hijau, swiss chard, bayam, collard hijau, lobak dan sawi, dimana sayuran ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Bayam dan Swiss chard yang tinggi magnesium, yang dapat membantu mengontrol dan menormalkan kontrol tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Lobak yang tinggi folat, juga membantu menjaga jantung tetap sehat.

– Sayuran Silangan
Sayuran silangan termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, bok choy dan kale. Brokoli kaya akan vitamin B, seperti folat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kubis kaya akan kalsium yang penting karena asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan tekanan darah. Seperti pada sebuah studi 2011 di “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa asupan tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Setelah kita membahas sayuran yanbg baik untuk jantung, sekarang kita membahas buah-buahan yang biak untuk kesehatan jantung, berikut ini penjelasannya :

– Buah Sitrus
Buah jeruk, termasuk jeruk lemon dan limau. Buah ini mengandung flavonoid dan karotenoid yang melindungi terhadap stres oksidatif dan penurunan peradangan dalam tubuh, sehingga penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2011 di “Journal of Epidemiology” menemukan bahwa sering asupan buah jeruk dikaitkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung.

– Berries
Berries, seperti blueberry, strawberry, rashberry, dan blackberry, mengandung anthocyanin, yang membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan penjaga terhadap penumpukan plak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya tiga porsi blueberry dan strawberry per minggu emiliki resiko lebih rendah terkena serangan jantung.

– Buah Naga
Keempat jenis buah naga merah tersebut sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten yang mampu mengeruk sel kanker dan memberi nutrisi pada jantung sehingga jantung akan menerima nutrisi yang banyak dan jantung terhindar dari serangan jantung yang mematikan.

– Hindari Tambahan Gula dan Sodium
Semua buah-buahan dan sayuran segar secara alami rendah sodium, yang penting untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini penting untuk membaca label sayuran yang di kemas dalam plastik beku dan kaleng karena beberapa varietas mungkin berisi tingkat tinggi natrium. Buah-buahan mengandung gula alami, tapi gula juga dapat ditambahkan selama pengolahan dan kemasan. Hindari buah dikemas dalam sirup atau jus untuk mencegah asupan gula yang berlebihan.

– Kacang
Perbanyak makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

– Biji-Bijian Utuh
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

Itulah yang informasi tentang manfaat sayur dan buah-buahan yang baik untuk jantung anda, selain sayuran yang baik bagi jantung anda.

Semoga artikel yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *